10+ Kaligrafi Bismillah Beserta Dalil dan Faedah Membacanya

Kaligrafi BismillahBasmallah atau bismillah merupakan suatu kalimat mulia yang sebaiknya dilafalkan oleh seluruh orang Islam sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari aktivitas yang sederhana hingga aktivitas yang sangat penting.

Mengapa kita, sebagai seorang yang beriman kepada Allah ﷻ,mengucapkan kalimat basmalah ketika hendak beraktivitas?

Karena ketika kita mengawali aktivitas dengan mengucapkan "Bismillah" atau secara lengkap menjadi "Bismillahirrahmanirrahim" insya Allah aktivitas yang kita kerjakan tersebut menjadi lebih berkah.

A.  Dalil yang Menganjurkan untuk Membaca Bismillah

Di bawah ini merupakan beberapa dalil yang menyebutkan mengapa kita dianjurkan untuk membaca kalimat basmalah agar mendapatkan keberkahan oleh Allah selama melakukan aktivitas tersebut.

Yang pertama merupakan sebuah hadits yang diriwatkan oleh Imam Ahmad, dan menurut Syaikh Syu’aib Al-Arnauth hadits ini merupakan hadits dhaif.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah ,

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ – أَوْ قَالَ : أَقْطَعُ 

Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad, 2: 359)

Lalu hadits yang kedua, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Salah satu contoh kisah Nabi dan Rasul terdahulu yang juga menggunakan kalimat basmallah atau bismillah ketika akan melakukan kegiatan atau aktivitas yang penting adalah kisah Nabi Sulaiman alaihissalam dan Rasulullah .

Dalam kisah Nabi Sulaiman alaihissalam diceritakan bahwasanya ketika Beliau akan mengirimkan surat kepada Ratu Saba’, maka Beliau mengawali surat penting tersebut dengan kalimat bismillah.

Hal ini sesuai dengan salah satu firman Allah ﷻ dalam surat An-Naml,

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Naml: 30)

Lalu, dalam salah satu kisah perjalanan Rasulullah ketika sedan mengirimkan surat kepada salah seorang raja, yaitu Raja Heraklius pun pada awal surat dibubuhkan kalimat bismillah.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya ketika kita akan melakukan aktivitas, terutama aktivitas serta perkara-perkara yang penting kita mengucapkan bismillah atau bismillahirrahmanirrahim.

B.   Waktu-waktu Membaca Bismillah

Waktu Membaca Bismillah

via fox5sandiego.com

Selain itu, di dalam kitab Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah (8:92) disebutkan bahwa para ahli fiqih (fuqaha) bersepakat dalam hal perkara penting dan ibadah dianjurkan atau disyariatkan untuk mengucapkan lafal basmallah.

Beberapa kegiatan yang dianjurkan untuk diawali dengan membaca bismillah sesuai dengan yang ditulis dalam Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah adalah:

  1. Membaca Al-Qur’an
  2. Berzikir
  3. Masuk ke dalam rumah
  4. Masuk ke dalam masjid
  5. Ketika Imam naik mimbar
  6. Ketika akan tidur
  7. Ketika menutup mata orang yang telah meninggal
  8. Ketika memasukkan mayat ke dalam liang lahat
  9. Dan lain-lain

Di dalam kitab Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah juga telah disebutkan bahwasanya ketika kita lupa membaca bismillah atau sengaja tidak mengucapkannya, maka tidak ada dosa karena hal tersebut.

Tetapi, ketika kita membaca bismillah insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah .

C.   Faedah-faedah Membaca Bismillah

Meskipun membaca atau mengucapkan lafal bismillah maupun bismillahirrahmanirrahim merupakan hal yang mudah dan simpel, tetapi tetap ada beberapa faedah dalam hal membaca bismillah.

  1. Yang pertama, dalam tafsir Ath-Thabary disebutkan bahwa Allah telah mengajarkan adab kepada Nabi-Nya untuk senantiasa menyebutkan nama Allah (bismillah) ketika akan melakukan suatu hal perkara/perbuatan.
  2. Yang kedua, dalam tafsir As-Sa’di kalimat “bismillah” merupakan kalimat dalam bentuk mufrad mudhaf. Sehingga lafaz jalalah “Allah” dalam “bismillah” mencakup seluruh nama-nama Allah dan bisa diartikan menjadi “dengan menyebut seluruh nama-nama Allah yang husa”.
  3. Para ulama bersepakatan bahwa kalimat bismillah termasuk ke dalam ayat Al-Qur’an. Karena kalimat bismillah terdapat di salah satu ayat surat An-Naml, yaitu

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (QS. An Naml: 30)

  1. Apakah kalimat bismillah merupakan bagian dari surat Al-Fatihah? Beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa “bismillah” merupakan bagian dari surat Al-Fatihah dan ada juga yang berpendapat sebaliknya.
  2. Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah kalimat bismillah merupakan bagian dari setiap surat yang ada di dalam Al-Quran? Jumhur ulama berpendapat bukan. Dan para ulama bersepakat bahwa kalimat bismillah yang berada di antara dua surat merupakan kalamullah, sehingga dianggap sebagai bagian dari surat secara umum.
  3. Faedah yang terakhir adalah kita dianjurkan untuk membaca kalimat basmalah atau bismillah ini ketika membaca awal surat. Sedangkan ketika kita membaca dari tengah surat maka tidak dianjurkan untuk membaca bismillah, tetapi tinggal membaca ta’awudz (أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ) saja.

D.  Kaligrafi Bismillah dengan Berbagai Bentuk

Jika pada awal artikel ini kita telah membahas dalil, waktu, serta faedah dalam mengucapkan kalimat bismillah.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kaligrafi bismillah.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kalimat bismillah diucapkan ketika kita akan melakukan suatu aktivitas atau perkara yang penting.

Oleh karena itu, tak jarang banyak orang yang membuat karya seni kaligrafi yang berisikan kalimat basmallah. Kaligrafi ini biasanya dibuat untuk ditaruh di dalam ruangan atau masjid.

Seolah-olah dibuat untuk mengingatkan orang-orang yang melihat dan membaca kaligrafi bismillah tersebut akan kebesaran Allah dan sebagai pengingat untuk senantiasa mengucapkan lafal basmallah ketika akan melakukan aktivitas.

Nah, untuk desain kaligrafi bismillah sendiri bisa kita temukan banyak sekali jenis kaligrafinya, mulai dari bentuk kaligrafi, ukuran, warna, serta jenis bahan medium yang akan digunakan untuk menaruh kaligrafi bismillah tersebut.

1. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Kapal

kaligrafi Bismillah Kapal Laut

via impapehdotcom.blogspot.co.id

2. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Lingkaran

Kaligrafi Bismillah Berbentuk Lingkaran

via vinz-prasetyo.org

3. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Burung

Kaligrafi Bismillah Berbentuk Burung

via sigambar.com

4. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Buah

Kaligrafi Bismillah Berbentuk Buah

via vinz-prasetyo.org

5. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Bintang

Kaligrafi Bismillah Berbentuk Bintang

via vinz-prasetyo.org

6. Kaligrafi Basmalah Berwarna

Kaligrafi Bismillah Berwarna

via basukiasyamir.wordpress.com

7. Kaligrafi Bismillah berbentuk Ornamen

Kaligrafi Bismillah dengan Bentuk Ornamen

via vinz-prasetyo.org

8. Wallpaper Kaligrafi Bismillah

Wallpaper Kaligrafi Basmallah

via blogbacatulis.com

9. Kaligrafi Bismillah Unik

Kaligrafi Bismillah Unik

via suararakyatindonesia.org

10. Kaligrafi Bismillah Sederhana

Kaligrafi Bismillah Sederhana

via obatrindu.com

11. Kaligrafi Bismillah Berbentuk Kapal 3D

Kaligrafi Bismillah Bentuk Kapal 3D

via limpapehdotcom.blogspot.co.id

12. Kaligrafi Bismillah Kufi

Kaligrafi Bismillah Kufi

via medinatart.com

Kaligrafi bismillah yang terakhir merupakan kaligrafi bismillah yang dibentuk dengan khat kufi yang unik.

Kaligrafi bismillah ini bisa kamu temukan dan beli secara langsung di Medinat Art. :D

E.   Cara Membuat Kaligrafi Bismillah dengan CorelDraw

Setelah kita melihat berbagai macam jenis kaligrafi bismillah atau kaligrafi basmallah di atas, apakah kamu menjadi tertarik untuk membuat kaligrafi bismillah juga?

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat kaligrafi terutama kaligrafi bismillah. Mulai dari kaligrafi bismillah sederhana hingga yang rumit.

Kamu juga bisa memilih membuat kaligrafi bismillah dengan cara manual atau digital.

Dengan cara manual kita bisa menggunakan peralatan yang sudah sering digunakan untuk keperluan membuat kaligrafi. Seperti pensil, kuas, tinta, dan lainnya.

Sedangkan jika ingin membuat kaligrafi dengan cara digital, kita bisa menggunakan software olah digital seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, atau Ink Scape.

Di bawah ini ada video yang membahas cara membuat kaligrafi bismillah menggunakan software CorelDraw. :) 

 

 Semoga bermanfaat dan menginspirasi. :D 

Sumber: